Indonesia itu kaya dengan suku, adat dan budaya. Bahkan menurut catatan BPS pada tahun 2016, ada lebih dari 1200 suku yang ada di Indonesia. Setiap suku memiliki keunikkan dan ciri khas mereka masing-masing. Pastinya akan membuatmu bangga menjadi warga Indonesia.

Nah, ternyata dari ribuan suku yang ada di Indonesia, ada 5 suku yang akan membuatmu terkagum. Pasalnya, 5 suku ini mirip dengan suku yang ada di luar negeri. Mari, simak apa saja ke lima suku tersebut.

Suku Aceh, Pesona Timur Tengah

Sumber: boombastis.com

Suku Aceh merupakan penduduk asli masyarakat yang mendiami wilayah pesisir dan sebagian wilayah yang berada di pedalaman Aceh. Jika kita kaji pada kehidupan masa lampau, banyak sekali orang asing dari bangsa Arab, Persia maupun Portugis yang pernah berdagang atau hanya sekadar singgah di sini. Bisa jadi pada masa itu terjadi pernikahan lintas budaya yang pastinya juga berdampak kepada keturunan hasil dari pernikahan tersebut.  Suku Aceh ini mayoritas mirip dengan bangsa Arab.

Suku Papua, Serupa dengan Masyarakat Aborigin Australia

Sumber: apps.phinemo.com

Selain letak geografisnya yang berdekatan, masyarakat Papua memiliki kesamaan dengan masyarakat Aborigin, Australian. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian Jurnal Ilmiah Nature yang dilakukan oleh tim Peneliti dari University of Cambridge pada tahun 2016 yang menyatakan ada kesamaan pada warna kulit, tinggi badan, hingga kebiasaan diantara suku tersebut.

Pulau Siompu, Suku Bermata Biru dan Berambut Pirang

Sumber: boombastis.com

Jika selama ini kamu mengira bahwa suku bermata biru hanya milik orang luar negeri, ternyata kamu salah. Di Pulau Siompu, Sulawesi Tengah, juga terdapat masyarakat yang bermata biru dan berambut pirang. Jika dikaji mengenai asal usulnya, pada ribuan tahun yang lalu, banyak pedagang dari Portugis yang berlayar di daerah ini. Sama halnya dengan suku Aceh, bisa jadi terjadi perkawinan di antara kaum Portugis dengan bangsa Indonesia yang menghasilkan keturunan yang juga bermata biru. Jika dilihat kembali, matanya sangat bening dan tajam ya. Cantik dan tampan tentunya.

Suku Cia-Cia, Mirip Suku Korea

Sumber: apps.phinemo.com

Tidak kalah menawanya dengan suku-suku lain, ternyata di Sulawesi Tenggara memiliki masyarakat yang mirip dengan Suku Korea. Suku ini memiliki keunikan dalam kehidupan mereka. Jika kamu berkunjung ke sini, maka ada beberapa spot wilayah yang terdapat tulisan berbahasa Korea, bahkan buku pelajaran di sekolah pun ada yang berbahasa Korea. Jadi, jika kamu ingin merasakan Korea ala Indonesia, datanglah ke tempat ini.

Hingga saat ini, belum ditemukan penelian pasti kenapa masyarakat di sana berwajah mirip orang Korea, hingga menggunakan tulisan Korea. Bisa jadi kamu salah satu pencetus penelitian terkait hal ini.

Bagaimana Sahabat Penjuru? Tenyata ada 4 suku yang ada di Indonesia yang benar-benar membuat kamu kagum, bukan? Jadi, berbanggalah kamu menjadi salah satu anak Indonesia yang mengenal keberagaman.