Sukabumi adalah salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat. Ternyata, tempat ini menyuguhkan keindahan alam yang tidak kalah indahnya dibandingkan daerah lain yang ada di Indonesia. Tidak heran jika Sukabumi dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Nah, salah satu keindahan alam di Sukabumi adalah air terjunnya yang belum banyak terjamah. Mari kita menyibak surga tersembunyi yang ada di pelosok Sukabumi ini yuk!

Air Terjun Cikaso (Curug Cikaso)

Sumber: pegipegi.com

Air terjun ini berada di bagian selatan dari Kabupaten Sukabumi, lebih tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar sekitar 100 meter. Hal yang membuat unik dari air terjun Cikaso adalah memiliki 3 aliran air terjun yang menawan. Air terjun ini jatuh di antara rimbunnya dedaunan bewarna hijau yang mengelilinginya. Memberikan suasana nan sejuk bagi siapapun yang memandangnya.

Dikarenakan lokasi ini masih belum banyak di jejaki oleh para pengunjung, kamu tentu membutuhkan sedikit perjuangan menuju lokasi. Kamu akan melewati kondisi jalan yang sedikit curam dan terjal. Namun, lelah pasti akan berbayar sesuai dengan keindahan alam yang akan kamu dapatkan saat tiba di lokasi tujuan.

Selain itu, aliran muara dari air terjun ini adalah menuju muara Tegal Buleud, dikarenakan posisinya memang berada di bagian selatan. Dikutip dari laman wisatajabar.com, titik-titik air yang berjatuhan di antara dedaunan, menghasilkan sebuah harmonisasi suara yang bagus untuk didengar, sehingga memberikan sebuah kenyamanan dan ketenangan. Selamat menikmati keindahan air terjun bersama genangan air yang berada di bawahnya, ya.

Curug Cigangsa

Sumber: roninasrudin.blogspot.co.id

Untuk lokasi Curug Cigangsa, ternyata tidak terlalu jauh dari lokasi Curug Cikaso. Diperkirakan sekitar 10 KM, lebih tepatnya berlokasi di dusun Batusuhunan, Desa Surade. Air terjun ini sama-sama memiliki tiga tingkatan, hanya saja debit airnya tidak sebanyak di Curug Cikaso. Nah, jika berkunjung ke sini, kamu harus sedikit waspada jika terjadi hujan yang deras, karena jumlah debit air pasti akan lebih besar dari biasanya.

Untuk menuju lokasi, kamu disarankan untuk bertanya kepada masyarakat setempat. Lokasinya yang berada di pedalaman tentu tidak mudah dijangkau seperti pada saat kamu berwisata di tempat populer. Kamu nanti akan melewati sawah, pemukiman masyarakat, hingga sungai yang akan menambah pengalaman petualanganmu.

Selain itu menurut masyarakat setempat, pada zaman penjajahan Belanda, banyak para pejuang disembunyikan di lokasi ini. Untuk itu jika kamu memiliki waktu luang, tidak ada salahnya bertanya sejarahnya kepada warga asli.

Curug Cikanteh

Sumber: piknikasik.com

Berbeda dengan Curug Cigangsa yang memiliki debit air yang tidak stabil, atau tergantung kepada curah air hujan, Curug Cikanteh memiliki debit air yang permanen. Dengan arti jumlah debit air pada musim kemarau ataupun musim penghujan akan tetap sama.

Air terjun ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Jaraknya lumayan jauh dari kota Sukabumi, yakni 135 KM dari pusat kota. Akses yang akan kamu temui pun juga menguji adrenalinmu. Kamu harus melewati semak-semak, mendaki gunung dan melewati sungai. Nah, untuk menghilangkan lelahmu, kamu akan di suguhkan dengan air terjun yang menawan.

Nah, itulah air terjun yang menawan di Sukabumi. Meskipun melewati medan yang terjal, percayalah rasa lelahmu akan terbayar dengan pesona alamnya yang indah.