Indonesia itu luas dan terdiri dari jajaran pulau-pulau yang menawarkan sejuta keindahan alam. Ada yang berupa pengunungan, hutan, laut hingga kekayaan alam lainnya. Begitu luasnya keindahan alam yang ada di Indonesia, tentu belum semuanya diketahui masyarakat luas, bukan?

Nah, bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuknya keramaian kota dan ingin merasakan keasrian alam Indonesia atau berbaur dengan masyarakat lokal, 5 daerah terpencil di Indonesia ini wajib kamu kunjungi meski hanya sekali seumur hidup kamu!

Pesona Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung Selatan

Sumber: dolanbareng.com

Tidak banyak yang menyangka, ternyata Lampung Selatan memiliki sebuah teluk yang menyuguhkan keindahan pantai luar biasa. Lokasi teluk ini terletak di Pekon Kiluan Negeri, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Dikutip dari laman wisatatelukkiluan.com, bahwa ada ratusan lumba-lumba yang berenang menampakkan dirinya di kala sore hari tiba. Pemandangan ini tentu saja sangat indah, apalagi kamu bisa menyaksikannya dengan duduk-duduk di atas kapal para nelayan.

Untuk akses menuju daerah ini, kamu harus menyeberang dari Merak menuju Bakaheuni. Lalu, dilanjutkan perjalanan menuju Bandar Lampung hingga desa Kiluan. Transportasi umum khusus ke lokasi ini memang belum ada. Tapi tidak perlu khawatir, justru ini tantangan bagi kamu untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi internet dan mencoba mencari tahu tentang transportasi yang ada di sana. Selain itu, kamu juga bisa mencari referensi langsung kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi. Selamat menjelajah!

Danau Ajaib, Tarusan Kamang, Kabupaten Agam

Sumber: erisonjkambari.com

Berlokasi di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat – terdapat sebuah danau ajaib. Jika selama ini kamu berpikir bahwa, danau selalu memiliki jumlah air yang banyak dan stabil hal ini berbeda dengan danau yang ada di Tarusan Kamang.

Konon,  danau ini hanya berisi air pada musim-musim tertentu dan tidak bisa diprediksi. Saat air pasang, biasanya wisatawan bisa menggunakan rakit untuk mengitari danau ini. Lantas, kenapa dikatakan ajaib? Ya, karena pada musim tertentu, kamu tidak menemukan danau melainkan hamparan rerumputan nan indah. Wah, pasti penasarannya, ya? Ayo segera agendakan perjalannmu.

Desa Candirejo, Kuak Sejarah Jawa

Nah, selama ini kamu mungkin hanya kenal dengan candi Borobudur. Tidak ada salahnya kamu mengalihkan perjalanan ke Desa Candirejo yang berlokasi tidak terlalu jauh dari candi Borobudur. Diperkirakan jaraknya antara 2.5 KM hingga 3 KM. Desa ini berbatasan dengan desa Pulutan, Kesongo, Rawa Pening dan Jombor.

Desa ini masih asri dengan masyarakatnya nan ramah. Semua makanan yang disajikan serba tradisional seperti Gudeg. Kamu juga bisa merasakan sensasi pada masa tempo dulu.  Disini, kamu juga bisa belajar sejarah Jawa kuno kepada masyarakat setempat.

Danau Kaco, Kemilau di Malam Hari

Sumber: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Danau Kaco terletak di Kabupaten Jambi, Kerinci. Nah, kata Kaco sendiri bearti (kaca). Air di danau ini sangat jernih dan bewarna biru, sehingga kamu bisa melihat benda-benda yang berada di dasar danau. Menurut cerita masyarakat setempat dan para wisatawan yang sudah mengunjungi lokasi ini, danau ini biasanya memiliki cahaya yang terang alias kemilau di malam hari. Nah, bagi kamu yang ingin berkemah tidak perlu membawa lampu penerangan, apalagi saat bulan purnama.

Untuk kamu yang suka tantangan dan ingin menguji adrenalin, danau ini sangat cocok kamu kunjungi bersama teman-teman. Pastinya, untuk saat ini Danau Kaco terbuka untuk umum, dan yang terpenting jangan merusak keindahan alam, ya!

Sibolangit, Air Terjun Dua Warna

Sumber: tekooo.com

Tidak kalah cantiknya dengan keindahan danau Toba, ternyata di Sumatera Utara juga memiliki air terjun Sibolangit. Air terjun ini berlokasi di desa Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Untuk kamu yang ingin berkunjung, air terjun ini berlokasi sekitar 3 jam perjalanan darat dari pusat kota Medan.

Nah, mengenai keunikan air terjun ini memang terletak pada warna air terjun ini. Air terjun dengan dua warna, putih dan biru. Hal ini disebabkan oleh tumbuhan yang berada di sekeliling air terjun. Pastinya, nuansa di sini masih dingin dan alami. Selain itu, pemandangan alam di sana juga akan memanjakan matamu.

Keren dan bagus ternyata 5 wisata di Indonesia yang belum banyak terjamah oleh wisatawan ini ya? Bagaimana? Adakah di antara daftar di atas yang akan kamu kunjungi dalam waktu dekat? Pastikan kamu mengunjunginya dan menyebarkan kepada masyarakat luas melalui sosial mediamu. Selamat menjelajah.